Mencangkok adalah upaya menumbuhkan tanaman baru dari dahan atau ranting pohon yang sudah ada. Perkembangbiakan tanaman dengan cara mencangkok akan lebih disukai daripada menanam biji, karena tumbuhan hasil cangkokan akan lebih cepat berbuah dibandingkan dengan tumbuhan yang ditanam dari biji. Pohon yang dicangkok memiliki sifat yang sama dengan induknya. Sedangkan jika tanam dari biji belum tentu akan sama persis. Kelebihan hasil tanaman cangkok keberhasilannnya akan lebih tinggi, karena pada proses mencangkok akar akan tumbuh ketika masih berada di pohon induk, sedangkan kekurangannya tanaman hasil cangkok tidak memiliki akar tunggang sehingga resiko lebih mudah tumbang.


Sesuai dengan janji saya kemarin tentang Cara Mencangkok Tanaman baiklah mumpung malam ini saya lagi nyantai akan kita bahas secara detail tidak bermaksud menggurui hanya sekedar berbagi sekalian mengembalikan ingatan/memori ilmu pertanian yang sudah lama terlupakan. Cara Mencangkok Tanaman tujuanya adalah supaya kita memiliki tanaman yang cepat berbuah maksimal 3 tahun sudah mulai menghasilkan buah dan buah yang dihasilkan sama persis dengan pohon induknya.

Cara Mencangkok Tanaman Yang Benar

Baca juga:

Pohon Yang Bisa Di Cangkok

Tidak semua pohon bisa dikembangbiakan dengan cara dicangkok, hanya tanaman yang memiliki akar tunggang saja atau hasil dari tumbuhan biji dikotil seperti mangga, jambu, jambu air, jeruk, rambutan dan sebagainya, sedangkan tumbuhan yang berakar serabut seperti kelapa, aren, pinang, lontar serta padi tidak akan bisa untuk dicangkok. Mencangkok merupakan perkembangbiakan tanaman pertumbuhan secara vegetatif.

Syarat Tanaman Yang Akan Di Cangkok

Syarat Tanaman yang akan dicangkok harus memenuhi kriteria sebagai berikut:
  • pohon induk sudah pernah berbuah minimal 3 kali
  • berkelas dikotil dengan ciri berakar tunggang
  • sehat 
  • batang tegak keatas

Alat-alat yang diperlukan untuk mencangkok tanaman

  • pisau
  • tali
  • tanah humus
  • pembungkus (plastik, sabut kelapa atau apa saja yang bisa menampung tanah)

Praktek Cara Mencangkok yang benar

  1. tentukan batang yang akan kita cangkok sesuai kriteria diatas
  2. sayat melingkar bagian kulitnya dengan panjang kira-kira 10 cm
  3. kerik bagian batang yang sudah di sayat kulitnya sampai lendirnya hilang
  4. tempelkan pembungkus tanah dibagian bawah sayatan lalu ikat 
  5. biarkan selama 3-5 hari
  6. pada hari ke 4-6 tempelkan tanah humus dibagian batang yang telah disayat dan sudah kering tersebut lalu ikat kembali di bagian atasnya
  7. tusuk-tusuk bagian pembungkus tanah dengan paku atau apa saja
  8. siram dengan air biasa jangan diberi pupuk setiap 2 hari sekali
  9. tunggu 3 minggu - 1 bulan biasanya akar mulai timbul