Cara Mudah Membuat Bibit Lada Perdu

Lada atau merica (Piper Albi Linn dalam bahasa latin) adalah salah satu tanaman rempah-rempah yang menjadi komoditi primadona diseluruh dunia. Ada dua jenis tanaman lada yakni jenis sulur atau panjat dan yang kedua adalah jenis perdu. Lada perdu merupakan hasil pengembangan dari lada jenis rambat dimana memang asal mulanya jenis perdu ini diambil dari pohon tanaman sulur lada rambat yang menjadi induknya. Lada bukanlah jenis tanaman yang menjadi fokus sistem tanam paksa beda halnya dengan kopi, teh dan tebu.

Namun untuk bisa kita mendapatkan jenis lada perdu ini ada tips-tips dan syarat yang harus diperhatikan diantaranya:

Syarat Tanaman

- umur bahan stek minimal 6 bulan
- stek cabang produktif diambil dari pohon induk sulur panjat yang berumur minimal 2 tahun
- stek yang diambil panjang 7 ruas dari pucuk
- sehat tidak terserang hama dan penyakit

Lada Perdu

Ada beberapa varietas tanaman lada yang diunggulkan diantaranya adalah lada jenis perdu varietas Bulok Belantung dimana deskiripsi kultivar jenis bulok belantung ini adalah:

Ciri-Ciri Lada Varietas Bulok Belantung

- pucuk bentuk sedang warna ungu muda
- daun bentuk besar di tengah dan lancip,warna hijau merata
- batang pipih,warna hijau muda, akar banyak, akar pelekat sedang
- buah bentuk seperti telur terbalik,warna hijau,stadium pembuahan 2-3 stadium, kulit buah tipis sekali, ukuran biji sedang
- tandan,keadaan lebih melengkung, panjang 5-9,5 cm
- potensi produksi 2-3 kg/ph/th lada kering.

Baca Juga:
Untuk pengerjaan Cara Mudah Membuat Bibit Lada Perdu adalah setelah kita mendapatkan syarat stek yang telah diuraikan diatas kemudian daunnya dibuang sebagian untuk mengurangi penguapan lalu semprotkan pestisida yaitu campuran antara fungisida dan insektisida (merknya bebas silahkan gunakan merk yang tersedia ditempat anda) sebagai perlindungan bakal calon bibit. Lalu kemudian celupkan pangkal stek kedalam larutan zat perangsang akar setelah itu tancapkan stek sepanjang 1-2 cm kedalam media yang sudah kita sipakan.

Untuk media tanam bisa kita gunakan tanah,pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 :1 : 1 yang dimasukan kedalam polybag ukuran 12×17 cm atau bisa juga dilahan persemaian yang disungkup dengan plastik bening atau rumbia untuk menjaga suhu sekitar persemaian.

Video Tutorial Cara Membuat Bibit Lada Perdu


Rawatlah persemaian tersebut dengan menyiram tiap hari sampai bibit berumur 3 bulan dan siap dipindahkan ke lahan tanam dengan jarak tanam 2 kali 2 meter atau bibit tersebut bisa juga kita jual. Perlu diketahui lebar perdu ini bisa mencapai 1,5 meter atau tergantung perawatan dan kesuburan lahan tanam maka aturlah jarak tanamnya dan setelah tanaman berumur 3 bulan biasanya buah akan bisa mulai kita panen. Atau jika anda tidak mau repot dan berminat membeli bibit lada perdu ke saya silahkan saja hubungi via sms/tlp 085 222 494 487 dengan harga Rp.5.000,- perbatang di Tasikmalaya tentang ongkos kirim anda yang tanggung ya? hehe

Cara Mudah Membuat Bibit Lada Perdu dari Bisnis Kita Terbaru.